Dengan tema “Art of Communication”, untuk pertama kalinya Komunitas @JagoAkuntansi Indonesia Chapter Sulawesi Utara bersama Himaju Akuntansi Universitas Sam Ratulangi mengadakan kegiatan accounting debate competition. Lomba debat akuntansi ini diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 12 sampai 13 November 2018 dan diikuti beberapa peserta dari jurusan akuntansi Universitas Sam Ratulangi sendiri.

Dihari pertama lomba debat ini terdiri dari empat babak. Babak pertama tim Balance melawan tim 5C/1 yang dimenangkan oleh tim Balance, lomba debat pun dilanjutkan dengan babak kedua dimana tim BKI melawan tim Equil dimana perdebatan kali ini dimenangkan oleh tim BKI, lomba pun diberhentikan sementara dikarenakan istirahat makan siang, setelah makan siang lomba dilanjutkan dengan pertandingan tim C4 melawan C1, dikarenakan kedua tim tidak hadir dalam perlombaan akhirnya kedua tim dieliminasi, dan lomba pun dilanjutkan dengan Tim 1C/2 melawan tim The Diamond yang dmenangkan oleh tim 1C/2, lomba di hari pertama pun selesai dan dilanjutkan di hari kedua.

 

Di hari kedua adalah dimana babak semifinal dan final berlangsung. Di babak ini merupakan puncak dari acara accounting debate competition. Babak semifinal dimulai dengan perdebatan antara tim 1C/2 melawan tim Balance, dibabak ini perdebatan cukup alot dikarenakan kedua tim harus memperebutkan satu kursi di final menyusul tim BKI yang sudah lolos duluan dikarenakan tidak adanya lawan. Setelah perdebatan yang seru antara kedua tim terjadi akhirnya tim 1C/2 muncul sebagai finalis dan melawan tim BKI. Perdebatan final kali ini membahas mosi “Peran Akuntan Mulai Terkikis Oleh Perkembangan Zaman dan Refolusi Industri 4.0”. Di babak ini perdebatan sangat seru, kedua tim saling mengemukakan hasil pemikiran mereka dan saling serang satu sama lain, dan akhirnya tim BKI harus mengakui kehebatan tim 1C/2. Lomba debat pun selesai dan acara ditutup oleh sekertaris jurusan akuntansi Universitas Sam Ratulangi.

 

Berikut adalah pemenang Accounting Debate Competition 2018:

Juara 1 dari tim 1c2, dengan anggota Cavin Tombilangi, Olivia Gultom, dan Moses Liando

Juara 2 dari tim BKI, dengan anggota Anggriawan Paputunga, Steven Hakim S, dan Ryan Armansyah H

Juara 3 dari tim Balance, dengan anggota Ervilda L, Meivi Siwu, Monica P

Skip to toolbar