1

AKUNTANSI​​ RUMAH SAKIT

Hallo!! Selamat Malam Sobat Gogo! kembali lagi dengan kultweet dari prodi Akuntansi Pemerintahan nih…​​ 

Selamat menikmati malam mingguan produktif bersama kultweet yang menarik dan bermanfaat dari​​ prodi​​ Akuntansi​​ Pemerintahan yaaa, kuy pantengin terus

Rumah Sakit Pemerintah merupakan unit kerja dari Instansi Pemerintah yang​​ memberikan​​ pelayanan kesheatan kepada ​​ masyarakat umum. Permasalahan yang selalu timbul adalah sulitnya meramalkan kebutuhan pelayanan yang diperlukan masyarakat maupun kebutuhan sumber daya untuk mendukungnya.

Dengan perubahan sistem keuangan Rumah Sakit serta ​​ sistem ​​ keuangan Pemerintah secara keseluruhan diharapkan dana yang dikelola oleh Rumah Sakit akan menjadi lebih besar dan terus meningkat sejalan dengan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta persiapan Badan Layanan Umum dari tahun ke tahun. Kondisi ini selain akan membawa pengaruh positif bagi peningkatan pelayanan, tetapi juga membuka peluang untuk timbulnya ekses negatif penyalahgunaan dalam pengelolaan keuangan negara. Untuk itu diperlukan berbagai upaya dalam mengatasinya.

Akuntansi Rumah Sakit yang merupakan salah satu kegiatan dari manajemen keuangan adalah salah satu sasaran pertama yang harus diperbaiki agar dapat memberikan data dan informasi yang akan ​​ mendukung para manajer Rumah Sakit dalam pengambilan keputusan maupun ​​ pengamatan ​​ serta pengendalian kegiatan Rumah Sakit. Yang menjadi kendala pada Rumah Sakit Swadana dan belum terpecahkan sampai saat ini adalah Rumah Sakit melakukan  ​​​​ dua  ​​​​ sistem ​​ pencatatan  ​​​​ dan  ​​​​ pelaporan  ​​​​ yaitu  ​​​​ yang​​ ​​ bedasarkan prinsip akuntansi yang lazim (Accrual Basis) dan Basis ​​ Kas ​​ (Cash ​​ Basis) untuk  ​​​​ memenuhi  ​​​​ ketentuan  ​​​​ yang berlaku  ​​​​ yang ​​ diharapkan ​​ dapat berjalan

1

secara paralel, independen dan tercipta mekanisme saling kontrol di antaranya (kontrol internal), namun dirasakan menjadi beban petugas Rumah Sakit.

Manajemen keuangan​​ ialah bagaimana merencanakan dan​​ memperoleh biaya atau dana,​​ kemudian mempergunakannya dengan efisien, dengan​​ tujuan untuk mencegan​​ meningkatnya pembiayaan dan​​ mencegah kebocoran yang tidak berguna.​​ Secara operasional manajemen keuangan di Rumah Sakit harus dapat menghasilkan data, informasi dan petunuj k untuk ​​ membantu ​​ pimpinan  ​​ ​​​​ Rumah  ​​ ​​​​ Sakit  ​​ ​​​​ dalam  ​​ ​​​​ meerncanakan,  ​​ ​​ ​​​​ mengendalikan  ​​ ​​​​ dan​​ mengawasi​​ seluruh kegiatan agra mutu pelayanan dapat​​ dipertahankan/ditingkatkan pada tingkat pembiayaan yang wajar.

Akuntansi​​ ialah suatu sistem yang merupakan salah satu pokok kegiatan dalam manajemen keuangan yang terdiri dari kegiatan mencata,t mengklasifikasikan dan menyimpulkan semua transaksi dan kejadian- kejadian dalam suatu organisasi yang menyangkut keuangan, sehingga didapatkan suatu data atau informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan.

 

Siklus transaksi di Rumah Sakit

        • Siklus pendapatan terkait dengan pemberian jasa pelayanan rumah sakit kepada pasien atau pihak lain dan penerimaan pembayaran pasien atau tagihan dari pihak lain.

        • Siklus pengeluaran terkait dengan pengadaan barang dan/atau jasa dari pihak lain dan pelunasan utang dan kewajibannya.

        • Siklus produksi/pelayanan terkait dengan transformasi sumber daya rumah sakit menjadi jasa pelayanan rumah sakit.

        • Siklus keuangan terkait dengan perolehan dan pengelolaan​​ capital fund​​ (dana modal), seperti modal kerja (sumber dana kas atau dana likuid lainnya) dan sumber dana jangka panjang

        • Siklus pelaporan keuangan tidak terkait dengan siklus operasi (operating cycle) sebagaimana empat siklus pertama di atas. Siklus ini memperoleh data operasi dan akuntansi dari siklus yang lain dan memprosesnya menjadi laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi berterima umum.

LAPORAN KEUANGAN AKAN DIANALISIS DAN DIINTERPRETASIKAN OLEH​​ PENGGUNA LAPORAN KEUANGAN :

EKSTERNAL: PEMERINTAH, MASYARAKAT, DONATUR

INTERNAL: MANAJEMEN UNTUK PERENCANAAN, PENGENDALIAN, EVALUASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Jenis​​ Sistem​​ Informasi Akuntansi

 

Informasi ​​ Akuntansi Keuangan

Informasi Akuntansi Manajemen

Pengguna

Pihak eksternal

Pihak internal

Keaatan pada aturan

Harus mengikuti standar dan peraturan yang ada

Fleksibel

Orientasi waktu

Informasi bersifat historis

Informasi tentang masa depan

Luas informasi

Informasi tentang organisasi secara keseluruhan

Informasi tentang bagian-bagian yang ada dalam organisasi

Sifat informasi

Bersifat ringkas

Rinci

Jenis informasi

Berupa informasi keuangan

Informasi keuangan dan non keuangan

 

LAPORAN KEUANGAN RUMAH SAKIT

UNTUK PIHAK EKSTERNAL

-Neraca

-Laporan Operasi

-Laporan Arus Kas

-Catatan Atas Laporan Keuangan

UNTUK PIHAK INTERNAL

  • Laporan Realisasi Anggaran

  • Laporan Kinerja Unit

  • Laporan Biaya

  • Forecasting Biaya

  • Feasibility Study

  • Dll

LAPORAN KEUANGAN RUMAH SAKIT BLU SESUAI PEDOMAN AKUNTANSI RUMAH SAKIT

  • Neraca

  • Laporan Aktivitas/Laporan Operasi

  • Laporan Arus Kas

  • Catatan Atas Laporan Keuangan

NERACA

  • Laporan Posisi Keuangan Rumah Sakit Pada Suatu Tanggal Tertentu

  • Komponen Neraca:

 ​​ ​​ ​​​​ Aset

 ​​ ​​ ​​​​ Kewajiban

 ​​ ​​ ​​​​ Ekuitas

 

LAPORAN AKTIVITAS/OPERASI

  • Laporan Hasil Operasi/Aktivitas Selama Satu Periode Tertentu

  • Komponen Laporan Aktivitas/Operasi:

 ​​ ​​ ​​​​ - Pendapatan

 ​​ ​​ ​​​​ - Beban

LAPORAN ARUS KAS

  • laporan yang menunjukkan arus kas keluar dan arus kas masuk di rumah sakit

  • informasi tentang arus kas suatu blu rumah sakit berguna bagi para pemakai laporan keuangan sebagai dasar untuk menilai kemampuan blu rumah sakit yang bersangkutan di dalam menghasilkan kas dan setara kas serta menilai kebutuhan blu rumah sakit untuk mengunakan arus kas tersebut​​ 

Sumber​​ : ppt​​ pusat kebijakan dan manajemen kesehatan-universitas gadjah mada